Menjadi seorang entrepreneur merupakan
pilihan yang menuntut karakter tahan banting, gigih, tidak pantang menyerah,
dan terus berjuang untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Namun mental yang
kuat tanpa diimbangi dengan adanya keahlian dapat membuat pengorbanan menjadi
sia-sia karena memperbesar kemungkinan kalah dalam persaingan.
Berikut
adalah 5 keahlian yang harus dimilikientrepreneur, terutama di bidang komunikasi yang
merupakan kelengkapan standar bagi setiap orang yang memiliki usaha. Tulisan
ini diterjemahkan dari tulisan Diana Booher, seorang konsultan dan praktisi komunikasi.
BERBICARA
Saat ini, berbicara tidak lagi hanya sekedar “plus” dalam dunia
usaha. Makin tinggi peringkat atau posisi seseorang dalam bisnis apapun,
keahlian berbicara menjadi semakin krusial. Public speaking telah menjadi
“norma” bagi eksekutif senior.
Dalam mengurus bisnis sehari-hari, Pasti aka nada waktunya untuk
menjelaskan krisis bisnis di hadapan sejumlah orang. Bahkan, pengusaha kecil
sekalipun, berbicara adalah bagian dari bisnis itu. Banyak berbicara untuk
menggalang jaringan, untuk mempresentasikan bisnis, untuk menjaring kolega,
atau untuk memasarkan produk. Kesuksesan bicara adalah kolerasi langsung dengan
bottom line di laporan rugi laba.
Tidak perlu menjadi orang yang cemerlang atau jenius. Orang yang
diperlukan adalah orang yang punya pengaruh kuat pada orang lain. Dan pada saat
yang sama, pebisnis yang bisa berbicara dengan baik, cenderung dipersepsi lebih
kuat, lebih pandai, dan lebih dihargai, di organisasi sosial dan sebagainya.
Dalam banyak kasus itu, kemampuan public speaking akan sangat berguna.
Berbicara baik dengan cara
yang baik, adalah keharusan bagi pengusaha.
MENDENGAR
Mendengar pada intinya mencerminkan perbedaan antara closing
atau losing penjualan, mendapatkan atau kehilangan klien, memotivasi atau
mereduksi semangat tim, membangun atau menghancurkan hubungan antar karyawan.
Mendengar adalah prasyarat bagi kesuksesan bisnis.
“Know how to listen, and you will profit even from those who
talk badly.” – Arry Rahman
MENULIS
MENULIS
Segala yang resmi, cepat atau lambat harus dituliskan.
Sayangnya, menulis sering pula menjadi kendala yang tak kalah berat bagi
sebagian pengusaha. Mereview sebuah laporan misalnya, seringkali menjadi
pekerjaan yang memusingkan.
Proposal dari pelanggan besar. Strategic partnership. Policy
statements. Press release. Surat untuk investor. Semuanya menuntut keahlian
menulis. Dalam konteks ini, apa yang kita tulis adalah apa yang kita dapat.
Tulisan harus jelas, sederhana dan akurat.
MEMIMPIN RAPAT
Bayangkan ini:
MEMIMPIN RAPAT
Bayangkan ini:
Rapat dapat membuat dunia
menjadi damai, dan sekaligus dapat membuat dunia menjadi lapangan perang.
Rapat dapat membuat 15 jam dalam seminggu menjadi 15 jam yang
damai, atau 15 jam yang membuat frustrasi. Ini, juga berlaku bagi manajer yang
hebat “time management”-nya sekalipun.
Kemampuan memimpin rapat, akan menentukan siapa yang akan ikut
dan apa yang akan mereka capai. Kesia-siaan, atau sesuatu yang bernilai.
RESOLUSI KONFLIK
RESOLUSI KONFLIK
Pebisnis, sayangnya, punya banyak konflik. Jika tidak dengan
klien, ya dengan orang dalam. Jika tidak dengan orang dalam, ya dengan
otoritas. Jika tidak dengan mereka, ya dengan pemegang saham.
sumber :
http://goo.gl/unnhT
referesi :
http://goo.gl/pBmyI
http://goo.gl/pBmyI
0 komentar:
Posting Komentar